Social Items

Quipper Video

Didalam dunia pendidikan kita tidak terlepas dari yang namanya Penilaian atau evaluasi, penilaian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang sudah kita berikan. Penilaian banyak jenis dan macamnya ada yang dalam bentuk tes tulis ada juga yang dalam bentuk lisan, penilaian biasanya dilakukan setelah memberikan sebuah materi pelajaran, contohnya pada ulangan harian siswa, penilaian sering juga dilakukan pada saat tes kenaikan kelas, tes masuk Perguruan Tinggi, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya masri kita bahas tentang Tujuan penilaian, prinsip penilaian, dan tekhnik penilaian

Tujuan penilaian

  1. Mengetahui potensi siswa, yaitu apakah bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau tidak
  2. Untuk mengetahui prestasi yang diraih
  3. Mengadakan seleksi yaitu seleksi naik kelas/seleksi masuk Perguruan Tinggi atau seleksi pemilihan jurusan
  4. Mengetahui letak kesulitan yang dihadapi siswa
  5. Memberi bantuan dalam pengelompokan diskusi yaitu mencampur anak yang pintar dan anak yang terlambat dalam berpikir.
  6. Menjadi motivasi bagi bagi siswa untuk belajar lebih giat
  7. Sebagai data atau bukti dilaporkan ke orang tua siswa
  8. Sebagai data penentuan, misalnya mencari hubungan antara nilai matematika dengan IPA, IPS dengan IPA.

Prinsip penilaian

  1. Obyektif, artinya berdasarkan bukti nyata bukan main perasaan
  2. Kontinue (terus menerus)
  3. Komprehensif (menyeluruh) yaitu menilai kemampuan, pengetahuan sikap, kejujuran dan kerajinan dll.

Prinsip dasar penilaian

  1. Penilaian adalah alat komunikasi yaitu komunikasi antar sekolah dengan sekolah, sekolah dengan orang tua, sekolah dengan masyarakat.
  2. Tujuan utama penilaian, membantu anak untuk mencapai perkembangan maksimal
  3. Penilaian terhadap anak harus dibandingkan dengan dirinya jangan dengan siswa lain
  4. Dalam penilaian hendaknya dilakukan dengan berbagai penilaian seperti, pemberian tugas, kehadiran, diberi tahu, portopolio, dll.

Tekhnik evaluasi/penilaian

1. Tes, digunakan untuk menilai kemampuan/pengetahuan siswa atau mengetahui intelegensia

Tes ada 2 yaitu ; tes standar dan tes buatan guru, tes buatan guru ada 2; tes obyektif dan tes subyektif.

2.    Non tes, dibagi 3

a.    Cek list
b.    Rating scala (skala tingkatan)
c.    Metode sosiometri; untuk mengetahui tingkatan hubungan antar siswa.

Sekian dulu penjelasan tentang Tujuan penilaian, peninsip penilaian, dan tekhnik penilaian, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.

Source : disadur dari catatan pada masa kuliah dulu

Tujuan Penilaian, Prinsip Penilaian, dan Tekhnik Penilaian

Didalam dunia pendidikan kita tidak terlepas dari yang namanya Penilaian atau evaluasi, penilaian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang sudah kita berikan. Penilaian banyak jenis dan macamnya ada yang dalam bentuk tes tulis ada juga yang dalam bentuk lisan, penilaian biasanya dilakukan setelah memberikan sebuah materi pelajaran, contohnya pada ulangan harian siswa, penilaian sering juga dilakukan pada saat tes kenaikan kelas, tes masuk Perguruan Tinggi, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya masri kita bahas tentang Tujuan penilaian, prinsip penilaian, dan tekhnik penilaian

Tujuan penilaian

  1. Mengetahui potensi siswa, yaitu apakah bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau tidak
  2. Untuk mengetahui prestasi yang diraih
  3. Mengadakan seleksi yaitu seleksi naik kelas/seleksi masuk Perguruan Tinggi atau seleksi pemilihan jurusan
  4. Mengetahui letak kesulitan yang dihadapi siswa
  5. Memberi bantuan dalam pengelompokan diskusi yaitu mencampur anak yang pintar dan anak yang terlambat dalam berpikir.
  6. Menjadi motivasi bagi bagi siswa untuk belajar lebih giat
  7. Sebagai data atau bukti dilaporkan ke orang tua siswa
  8. Sebagai data penentuan, misalnya mencari hubungan antara nilai matematika dengan IPA, IPS dengan IPA.

Prinsip penilaian

  1. Obyektif, artinya berdasarkan bukti nyata bukan main perasaan
  2. Kontinue (terus menerus)
  3. Komprehensif (menyeluruh) yaitu menilai kemampuan, pengetahuan sikap, kejujuran dan kerajinan dll.

Prinsip dasar penilaian

  1. Penilaian adalah alat komunikasi yaitu komunikasi antar sekolah dengan sekolah, sekolah dengan orang tua, sekolah dengan masyarakat.
  2. Tujuan utama penilaian, membantu anak untuk mencapai perkembangan maksimal
  3. Penilaian terhadap anak harus dibandingkan dengan dirinya jangan dengan siswa lain
  4. Dalam penilaian hendaknya dilakukan dengan berbagai penilaian seperti, pemberian tugas, kehadiran, diberi tahu, portopolio, dll.

Tekhnik evaluasi/penilaian

1. Tes, digunakan untuk menilai kemampuan/pengetahuan siswa atau mengetahui intelegensia

Tes ada 2 yaitu ; tes standar dan tes buatan guru, tes buatan guru ada 2; tes obyektif dan tes subyektif.

2.    Non tes, dibagi 3

a.    Cek list
b.    Rating scala (skala tingkatan)
c.    Metode sosiometri; untuk mengetahui tingkatan hubungan antar siswa.

Sekian dulu penjelasan tentang Tujuan penilaian, peninsip penilaian, dan tekhnik penilaian, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.

Source : disadur dari catatan pada masa kuliah dulu

No comments